Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom - Sehat Terbaru
News Update
Loading...

Thursday, January 3, 2019

Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom

Kondom tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Menemukan kondom yang tepat dan cocok mungkin agak sedikit ‘tricky’, tetapi dapat membantu seseorang untuk memiliki kehidupan seks yang lebih baik dan lebih nyaman.

Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom

Menggunakan kondom yang tepat adalah hal yang penting baik untuk kenyamanan, pencegahan penyakit menular seksual (PMS) dan mengendalikan kehamilan yang tidak diinginkan.

Mengenakan kondom yang terlalu besar dapat membuatnya terlepas sedangkan mengenakan kondom yang terlalu kecil bisa menyebabkan kondom sobek.

Jadi, ketika Anda hendak membeli kondom sebaiknya Anda mengetahui ukuran kondom yang tepat untuk Anda dengan memperhatikan beberapa hal, berikut daftarnya.

1. Ketahui dengan Tepat Ukuran Kondom Anda


Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom

Ukuran kondom ditentukan oleh lebar dan panjang penis. Sedangkan ukuran kondom Anda didasarkan pada ukuran penis ketika Anda sedang ereksi. Untuk mengetahui ukuran Anda, Anda perlu mengukur penis Anda pada saat ereksi.

Gunakan penggaris atau tali pengukur yang dibentangkan dari pangkal ke ujung penis. Untuk mengukur diameter, Anda bisa menggunakan tali elastis yang dibentangkan pada diameter penis Anda.

Mungkin terdengar lucu ya, tapi bagaimana Anda mengetahui ukuran kondom yang tepat bagi Anda jika Anda tidak mengukurnya?

Setelah Anda selesai mengukur, kemudian Anda dapat menggunakan tabel ukuran kondom yang merinci daftar ukuran berdasarkan merk kondom (karena ukuran kondom tidak universal) untuk memilih kondom yang paling cocok dengan ukuran penis Anda saat ereksi.

2. Mencocokkan Jenis Kondom


Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom

Mengetahui ukuran kondom mungkin akan membingungkan karena produsen kondom yang berbeda akan membuat ukuran dengan istilah yang sedikit berbeda.

Konsepnya ini sama dengan halnya pakaian, satu merk pakaian dengan yang lain mungkin akan memberikan ukuran berbeda meskipun dalam angka yang sama.

Kondom dengan ukuran yang sama mungkin akan masuk sebagai kategori ukuran besar pada satu merk dan masuk dalam kategori sedang pada merk lainnya.

Lebar kondom harus digunakan ketika Anda membandingkan ukuran kondom. Ketebalan penis Anda akan mempengaruhi bagaimana kondom akan cocok dan nyaman digunakan.

Anda juga dapat mengetahui ukuran dari letak ukuran kondom pada kemasan masing-masing. Sebagai panduannya adalah sebagai berikut :

  • Kondom standar memiliki lebar 1,75 inchi hingga 2 inchi (44,45 mm hingga 50,8 mm)
  • Kondom yang nyaman digunakan mungkin memiliki lebar di bawah 1,75 inchi
  • Kondom ukuran besar memiliki lebar lebih dari 2 inchi

Panjang kondom juga harus dipertimbangkan dengan benar karena kondom harus menutupi seluruh bagian penis Anda.dan terdapat sedikit ruang untuk ejakulasi. Anda bisa mencari letak ukuran kondom pada kemasan dan mencoba panduan berikut :

  • Kondom ukuran standar biasanya memiliki panjang antara 7,25 hingga 7,8 inchi (184,15 hingga 198,12 mm)
  • Kondom yang nyaman biasanya panjangnya berkisar antara 7 hingga 7,8 inchi (177,8 hingga 198,12 mm)
  • Panjang kondom ukuran besar berada di kisaran 7,25 hingga 8,1 inchi (184,15 hingga 205,74 mm)

3. Mempertimbangkan Merk Kondom


Cara Tepat untuk Menentukan Ukuran Kondom

Sebelum Anda menemukan merk kondom yang ukurannya paling dekat dengan ukuran penis Anda, Anda mungkin perlu mencoba beberapa merk terlebih dahulu.

Dengan percobaan Anda akan memiliki pengalaman yang baik sehingga Anda tahu mana yang terbaik untuk Anda yang memberikan rasa nyaman, pas dan sensitivitas tinggi.

Letak ukuran kondom pada kemasan perlu Anda perhatikan karena biasanya ini diabaikan begitu saja. Selain ukuran, terdapat beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan ketika memilih kondom.

  • Material. Material kondom antara lain adalah latex, polyurethane, polyisoprene dan lambskin. Anda mungkin perlu mencoba semuanya satu per satu sehingga Anda tahu mana yang paling memberikan kenyamanan dan kepuasan. Setiap material tentunya memiliki keunikan masing-masing, namun dengan teknologi canggih saat ini tentunya semua material tersebut pasti aman untuk digunakan.
  • Desain. Kondom tersedia dalam berbagai bentuk dan tekstur, dan Anda mungkin memiliki preferensi sendiri pada hal ini.
  • Pelumas ekstra. Banyak kondom yang menggunakan pelumas. Anda perlu memilih kondom mana yang menggunakan pelumas aman dan tidak sensitif dengan kulit Anda. Jika Anda menggunakan kondom lateks, gunakan pelumas yang berbasis air dan silikon karena pelumas berbasis minyak justru dapat menurunkan kualitas lateks. Anda juga perlu berhati-hati ketika menggunakan pelumas pada kondom karena terlalu banyak pelumas dapat membuat kondom terlepas.

Memilih kondom yang tepat mungkin membutuhkan waktu bagi Anda dan pasangan. Jika Anda tidak yakin mengenai bagaimana cara menggunakan kondom, banyak praktik akan membuat Anda semakin handal.

Jika perlu Anda bisa berlatih bersama dengan pasangan mengenai hal ini begitu pula dengan memilih ukuran kondom yang tepat.

Share with your friends

Give us your opinion


EmoticonEmoticon

About
Sehat Terbaru adalah media online yang menyajikan informasi tentang kesehatan.

Semua artikel yang tersaji dalam artikel ini merupakan hasil olah ulang dari situs warta kesehatan terpercaya baik lokal maupun internasional yang dilakukan oleh para ahli di dunia.
Done