Makanan dan Minuman untuk Meredakan Stres - Sehat Terbaru
News Update
Loading...

Sunday, December 16, 2018

Makanan dan Minuman untuk Meredakan Stres

Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Kondisi tersebut tidak bisa dihindari dan pasti menjadi bagian dari kehidupan kita. Tetapi sejauh mana stres dapat memberikan dampak, berbeda-beda pada setiap orang, tergantung bagaimana mereka mengelola stres tersebut.

Makanan dan Minuman untuk Meredakan Stres

Stres dalam skala ringan dan waktu yang singkat sebenarnya baik untuk kesehatan. Namun jika berkepanjangan, tentu akan membawa konsekuensi yang tidak ringan, bahkan menimbulkan masalah fisik. Agar tetap dapat menjalani hidup dengan sehat dan beraktivitas secara maksimal, meskipun kadang dilanda stres, kamu harus tahu cara mengatasi stres.

Cara meredakan stres itu beragam, mulai dari faktor psikologis. kamu bisa mengatasi stres dengan berpikir positif dan melakukan hal-hal yang disukai. Selain itu, stres juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, lho. Apa saja sih makanan yang bisa meredakan stres? Berikut penjelasannya.

Karbohidrat Kompleks


Semua karbohidrat mendorong otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang memicu mood baik. Pilihan karbohidrat kompleks yang baik adalah roti dari gandum utuh (whole-grain), pasta, dan sereal. Tetapi batasi ya karena karbohidrat dapat menaikkan gula darah dan memiliki kalori tinggi.

Karbohidrat Sederhana


Ahli nutrisi akan merekomendasikan untuk menghindari konsumsi karbohidrat sederhana, contohnya seperti permen dan soda. Tapi, jika dikonsumsi dalam porsi terbatas, makanan dan minuman tersebut bisa meredakan stres. Karbohidrat sederhana cepat dicerna, sehingga juga memicu produksi serotonin. Tapi ingat, jangan konsumsi berlebihan ya!

Jeruk


Buah ini sangat kaya akan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini bisa menurunkan kadar hormon stres, dan secara bersamaan memperkuat sistem imun. Dalam satu penelitian, vitamin C juga bisa menurunkan tekanan darah.

Bayam


Kadar magnesium yang kurang di dalam tubuh dapat memicu sakit kepala dan kelelahan. Keduanya juga merupakan dampak stres. Mengonsumsi satu bayam dapat membantu Kamu meningkatkan kadar magnesium. Sayuran berdaun hijau gelap lain juga biasanya mengandung banyak magnesium.

Teh Hitam


Minum teh membantu meredakan stres. Salah satu penelitian membandingkan orang yang minum 4 cangkir teh setiap hari selama 6 minggu dengan orang yang mengonsumsi jenis minuman lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum teh jauh lebih tenang dan memiliki kadar hormon stres kortisol lebih rendah setelah melewati masa-masa sulit.

Alpukat


Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan stres adalah mengonsumsi potasium yang cukup. Alpukat dikenal dengan kandungan potasiumnya yang tinggi. Tapi, Kamu perlu ingat bahwa alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Jadi, batasi porsi yang Kamu makan, ya.

Almond


Jenis kacang ini memilki kandungan beragam vitamin yang penting. Vitamin E meningkatkan sistem imun dan vitamin B menurunkan kadar stres serta risiko depresi. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi kacang almond sebagai camilan sehari-hari, dalam porsi setengah cangkir.

Susu


Ternyata, segelas susu hangat bisa meredakan stres. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium yang ada di dalam susu meredakan kekhawatiran dan perubahan mood akibat menstruasi. Sebagai rekomendasi, coba konsumsi susu di pagi hari untuk menyegarkan pikiran.

Share with your friends

Give us your opinion


EmoticonEmoticon

About
Sehat Terbaru adalah media online yang menyajikan informasi tentang kesehatan.

Semua artikel yang tersaji dalam artikel ini merupakan hasil olah ulang dari situs warta kesehatan terpercaya baik lokal maupun internasional yang dilakukan oleh para ahli di dunia.
Done