Penyebab Selangkangan Menjadi Hitam - Sehat Terbaru
News Update
Loading...

Monday, April 9, 2018

Penyebab Selangkangan Menjadi Hitam

Siapa saja bisa mengalami selangkangan menghitam, baik laki-laki, perempuan, muda, tua, kulit putih, kulit, kuning langsat maupun kulit sawo matang. Meski lokasinya tidak di bagian yang memang mudah diekspos, tetap saja ada rasa ketidaknyamanan yang membuat perasaan jadi tidak percaya diri dan insecure.

Penyebab Selangkangan Menjadi Hitam

Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan selangkangan jadi hitam? Berikut ini 7 di antaranya!

1. Ketidakseimbangan hormon


Ketidakseimbangan hormon pada dasarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Di samping siklus hormonal seperti kehamilan dan menstruasi, ketidakseimbangan juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup termasuk diet dan olahraga.

2. Paparan sinar matahari


Kalau kamu biasa berjemur atau mengekspos bagian tubuh ini di bawah paparan sinar matahari seperti saat berenang, tidak perlu kaget, ya. Paling tidak, kamu bisa mencegahnya dengan selalu mengaplikasikan sunscreen atau menghindari waktu di saat matahari sedang terik-teriknya.

3. Obat-obatan


Ada beberapa obat-obatan yang memberikan efek samping berupa perubahan warna pada kulit seperti pil KB. Kalau kamu sedang di bawah perawatan dan tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu lalu menemukan gejala ini, ada baiknya untuk segera ke dokter.

4. Gesekan dari pakaian


Kamu juga tahu, area di sekitar ini cenderung lembap. Banyaknya keringat yang ditekan oleh pakaian ketat menyebabkan gesekan yang membuat kulitmu di area ini jadi gelap. Untuk itu, pilih pakaian yang cenderung longgar dan berbahan tepat.

6. Jamur


Masih berhubungan dengan kondisi yang lembap, jamur pun jadi lebih suka untuk berkembang biak di sini. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh jaur tipe dermatofita dan juga menyebabkan rasa gatal yang mengganggu.

6. Luka


Ada kalanya, ketika kamu sedang melakukan aktivitas tertentu seprti berjalan, bagian dalam paha jadi lebih sering bergesekan dan menyebabkan luka. Biasanya hal ini paling sering dialami oleh mereka yang mengalami obesitas.

7. Penyakit


Selain obesitas, diabetes melitus juga jadi penyakit yang berpotensi membuat area selangkangan hitam. Resistensi insulin ini juga biasanya menyebabkan bagian lipatan seperti leher dan ketiak juga cenderung lebih gelap.

Untuk mengatasi kulit selangkangan yang hitam, kamu harus lebih dulu menemukan penyebabnya. Bila dikarenakan obat-obatan, hormon, dan jamur, ada baiknya kamu mengonsultasikannya dengan dokter. Jangan lupa, jaga selalu kebersihan dan kesehatan area ini serta melakukan exfoliation dengan rutin, ya.

Share with your friends

Give us your opinion


EmoticonEmoticon

About
Sehat Terbaru adalah media online yang menyajikan informasi tentang kesehatan.

Semua artikel yang tersaji dalam artikel ini merupakan hasil olah ulang dari situs warta kesehatan terpercaya baik lokal maupun internasional yang dilakukan oleh para ahli di dunia.
Done