Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan - Sehat Terbaru
News Update
Loading...

Monday, March 12, 2018

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Kacang Almond, adalah jenis makanan sehat yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Salah satu keluarga kacang-kacangan ini biasanya banyak dikonsumsi sebagai bahan campuran makanan.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Lebih dari itu, memiliki tubuh sehat adalah dambaan setiap orang. Namun, semua akan terasa sia-sia jika kita hanya berharap namun tidak melakukan pola hidup sehat.

Seperti dilansir dari Boldsky.com, menerapkan pola hidup sehat saja tidak cukup untuk membuat seseorang memiliki tubuh sehat. Penting juga melakukan olahraga rutin, isrirahat cukup setiap harinya, serta mengonsumsi berbagai jenis makanan serta minuman menyehatkan agar kondisi tubuh senantiasa tetap terjaga.

Kacang almond adalah salah satu makanan sehat yang disarankan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Tidak perlu banyak-banyak, menambahkan 3 sampai 5 butir almond untuk sarapan setiap pagi ternyata sudah sangat cukup untuk menambahkan manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikis kita.

Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kacang almond bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah risiko berbagai jenis penyakit dan membuat umur panjang. Beberapa senyawa aktif yang terkandung didalam kacang ini juga dikatakan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik.

Namun, mengonsumsi kacang almond saja tidak cukup untuk bisa kita panjang umur. Penerapan pola hidup sehat, memiliki istirahat cukup, olahraga rutin dengan cukup dan menghindari stres juga depresi tak boleh dilewatkan.

Jauhi pula kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, junk food serta segala makanan dan juga minuman yang mengandung bahan kimia. Untuk menambah informasi kesehatan ini, berikut kami sajikan beberapa manfaat dari kacang almond untuk kesehatan.

Manfaat Lengkap Kacang Almond


Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Mengurangi risiko kanker usus besar


Peneliti menuturkan, konsumsi almond dapat mengurangi kemungkinan kanker usus besar karena kandungan lemak yang terdapat di dalamnya.

Menekan kolesterol


Manfaat makanan yang menekan kolesterol dapat diperoleh karena kacang almond kaya kandungan vitamin E. Vitamin E sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel darah terhadap kerusakan, sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol. Sebuah studi mengungkap, konsumsi almond terkait erat dengan peningkatan high density lipoprotein (HDL) atau disebut kolesterol baik dan menekan tingkat low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Menstabilkan tekanan darah


Orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah sistolik, yaitu angka pertama pada pengukuran tekanan darah, hingga 11 persen.

Menghindarkan penyakit jantung


Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat meningkatkan lemak darah yang baik untuk jantung. Sebuah penelitian yang menggunakan almond sebagai camilan dalam pola makan tertentu, mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Mengendalikan tingkat gula darah


Penelitian yang dilakukan terhadap penderita diabetes tipe 2 mengungkap, mereka yang mengonsumsi kacang almond dapat mengurangi obat-obatan dibanding yang tidak mengonsumsi kacang tersebut. Efek samping obat-obatan untuk menurunkan kadar gula darah salah satunya adalah membuat pemakainya sering merasa lapar, sehingga suka melanggar aturan diet diabetes. Anjuran untuk mengonsumsi almond bagi penderita diabetes rupanya membantu pengidap merasa kenyang lebih lama, sehingga kadar gula darah stabil, dan akhirnya pemakaian obat-obatan untuk mengontrol gula darah bisa dikurangi.

Membantu menurunkan berat badan


Meski mengonsumsi kalori dengan jumlah yang sama, orang-orang yang menerapkan pola makan dilengkapi dengan kacang almond mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan pola makan tinggi karbohidrat. Indeks massa tubuh akan mengalami penurunan hingga 18% pada pemakan kacang almond, dibandingkan yang tidak mengonsumsi kacang almond yang hanya berhasil mengurangi 11%. Ini artinya lemak tubuh yang digambarkan oleh perbandingan tinggi dan berat badan berkurang sekitar 7 persen bagi mereka yang mengonsumsi almond secara rutin.

Share with your friends

Give us your opinion


EmoticonEmoticon

About
Sehat Terbaru adalah media online yang menyajikan informasi tentang kesehatan.

Semua artikel yang tersaji dalam artikel ini merupakan hasil olah ulang dari situs warta kesehatan terpercaya baik lokal maupun internasional yang dilakukan oleh para ahli di dunia.
Done